Call Us : 021-8096411 WA 08111735558
Motto : SMART & PRUDENT

Sejarah Universitas MH.Thamrin

Sejarah Universitas MH.Thamrin

Sejarah Singkat Universitas MH.Thamrin

Yayasan Pendidikan MH. Thamrin JakartaTimur yang didirikan di Jakarta oleh Dr. H. Abdul Radjak, DSOG, berdasarkanakte notaris No : 115 tanggal 24 Agustus 1987, Notaris : Joenoes E.Moegiman,SH, yang perubahan pengurus dicatat didalam Sistem Administrasi Badan HukumKementerian Hukum Dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia Direktorat JenderalAdministrasi Hukum Umum (KEMKUMHAM) nomor : AHU-AH.01.06.0002486. KampusUniversitas MH. Thamrin beralamat di Jl.Raya Podok Gede No. 23-25 Kramat Jati Jakarta Timur dan menempati gedung miliksendiri.

Pendirian Yayasan didorong oleh suatu cita-cita dan tekad, ikut berperanaktif dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, seperti yang diamanatkan dalamPembukaan Undang-Undang Dasar1945.
Pada awal pendiriannya pendidikan yang dikelola adalah pendidikan setingkatkursus, dengan membuka kursus Penolong Orang Sakit (POS), ini berlangsung daritahun 1982-1983, selanjutnya dikembangkan ke sekolah formal setingkat diplomayang bernaung dibawah Departemen Kesehatan, antara lain: AkademiKeperawatan, Akademi Gizi, Akademi Analis Kesehatan, Akademi Analis danFarmasi, Akademi Manajemen Pelayanan Rumah Sakit, Akademi Kebidanan. Mulaitahun 2000, seluruh Akademi yang berada dibawah Departemen Kesehatan dileburmenjadi satu ke dalam Sekolah Tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan(STIKes) MH. Thamrin, dengan Surat Keputusan Mediknas Nomor : 60/D/O/2005,dan bernaung dibawah Departemen Pendidikan Nasional,sesuai denganUndang-undang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.


Disamping STIKes Yayasan Pendidikan MH. Thamrin juga mengelola Sekolah Tinggi IlmuEkonomi (STIE) MH. Thamrin, yang didirikan pada tahun 1996 Surat KeputusanMediknas No. : 06/D/O/1996. dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer(STMIK) MH. Thamrin, Surat Keputusan Mediknas No. :106/D/O/2000. STMIKmerupakan pengembangan/perubahan dariAkademi Manajemen danInformatika (AMIK) MH. Thamrin serta Akademi Manajemen. MH. Thamrin.

Dari ketiga Sekolah Tinggi diatas yaitu STIKes, STIE dan STMIK digabung menjadisatu ke dalam satu Universitas pada tahun 2013 yaitu UNIVERSITAS MH THAMRINberdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia/Kemendiknas nomor : 357/E/O/2013, tgl. 30 Agustus 2013 dan ditambah dua Program Studi yaitu ProdiS1 Gizi, D4 Teknik Elektromedik, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), PendidikanGuru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Sehingga kini Universitas MH Thamrin memiliki 4 Fakultas yaitu 1. Fakultas Kesehatan/F.Kes terdiri dari : ProdiAnalis Kesehatan (D.3), Prodi Gizi (D.3), Prodi Keperawatan (D.3), ProdiAnalis Farmasi & Makanan (D.3), Prodi Kebidanan (D.3), Prodi MPRS(D.3), ProdiKesehatan Masyarakat (S.1), Prodi Keperawatan (S.1), Prodi Gizi (S.1), ProdiTeknik Elekromedik (D.4) dan Prodi Profesi Ners; 2. Fakultas Ekonomi/FE terdiri dari ProdiManajemen (S.1) dan Prodi Akuntansi (S.1); 3.Fakultas Komputer/F.Komp. terdiri dari : Prodi Teknik Informatika (S.1),Prodi Sistem Informasi (S.1) dan Manajamen Informatika (D.3); 4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/F.KIPterdiri dari : Prodi Pendidikan Guru PAUD (S.1), Prodi Pendidikan Guru SD/PGSD(S.1) dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (S.1).


Yayasan Pendidikan MH. Thamrin senantiasa berperan aktif dalam pengembangansumber daya manusia yang berkualitas, mempunyai wawasan luas, bertanggungjawabserta mempunyai kredibilitas yang tinggi sesuai bidang ilmu yang dipelajarinyadan mampu menjawab tantangan diera globalisasi dengan menyediakan tenaga yangberkualitas.