Call Us : 021-8096411 Motto : SMART & PRUDENT

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini


A. Pentingnya Keberadaan Prodi 

Pendidikan Guru Anak usia Dini merupakan upaya penataan,pembenahan, dan peningkatan di bidang pendidikan pra sekolah, pendidikan Dasar,pendidikan menengah,dan pendidikan Tinggi
Hal ini dipicu oleh pentingnya usia dini sebagai masa emas (golden Ege) untuk pembentukan kemampuan belajar dan besarnya minat masyarakat.
 
Perlunya pendidikan anak usia dini ini didukung oleh beberapa pihak, yang antara lain dari dunia internasional dalam komitmen Education for All (Jomtien, Thailand 1990) yang dipertegas lagi melalui Deklarasi Dakar Sinegal pada tahun 2000. Semua kesepakatan internasional tersebut, pada dasarnya mengakui bahwa setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadi sejalan dengan tingkat kecerdasan, bakat dan minatnya. 

Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan, pemerintah melalui Ditjen Dikti Kemendiknas berupaya untuk melakukan penataan secara sistematis terhadap penyelenggaraan pendidikan guru anak usia dini (PG-PAUD) dengan melakukan kajian terhadap hakikat dan seluk beluk penyelenggaraannya. Kajian tersebut dituangkan dalam bentuk Naskah Akademik sebagai dasar dan rujukan bagi penyelenggaraan PG-PAUD jenjang S-1. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Pasal 28 (1) yang menyebutkan bahwa pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. Pendidikan pada usia ini dikandung maksud agar menguasai pengetahuan, kecakapan, dan sikap-sikap yang diperlukan pada jenjang sekolah dasar. 

Untuk menyelenggarakan pendidikan anak usia dini yang memungkikan dikembangkannya potensi dan minat siswa secara optimal mempersyaratkan adanya guru, sarana, dana dan berbagai kelengkapan institusional yang memadai. Dalam rangka penyediaan tenaga guru yang memiliki kompetensi, dedikasi, dan komitmen kerja yang memadai, maka pemerintah mengatur agar guru PAUD setidak-tidaknya berkualifikasi pendidikan profesi guru PAUD setelah mengikuti jenjang pendidikan Sarjana Pendidikan Guru PAUD. Dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 29 (2) disenutkan bahwa pendidikan pada TK atau bentuk lain yang sederajat, mempersyaratkan guru harus memiliki (a) kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat (D-IV) atau sarjana (S-1); (b) latar belakang pendidikan tinggi di bidang pendidikan TK, kependidikan lain atau psikologi; dan (c) sertifikat pendidik untuk mengampu profesi guru TK 

Peraturan Pemerintah di atas berimplikasi kepada, setidaknya dua hal, pertama penyediaan tenaga guru baru yang  memenuhi kualifikasi, dan kedua peningkatan kompetensi guru PAUD yang belum memenuhi kualifikasi minimal yang dipersyaratkan. Saat ini, jumlah kebutuhan guru baru di Taman Kanak-kanak dan jumlah guru PAUD yang belum memenuhi kualifikasi dan membutuhkan layanan pendidikan secara sistemik sangat besar. Sementara itu, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang menyelenggarakan Pendidikan Guru Kelas Taman Kanak-kanak di Jakarta masih terbatas.
Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat tentang pendidikan Anak Usia Dini maka Universitas MH Thamrin membuka program Studi PG PAUD  

B. Sejarah Prodi 

Sebelum lahir  S1- PG PAUD, di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas MH Thamrin,  berawal dari pendidikan Tinggi Mohamad Husni Thamrin yang didirikan oleh Dr. Abdul Radjak,DSOG.
Pada tahun 2013 berdasarkan surat keputusan Menteri pendidikan No:375/E/O/2013 tertanggal 30 Agustus 2013. maka pendidikan Tinggi Mohamad Husni Thamrin berubah menjadi Universitas MH Thamrin.

Universitas MH thamrin terdiri 4 fakultas yaitu :

  1. Fakultas Kesehatan
  2. Fakultas ekonomi
  3. Fakultas Komputer
  4. Fakultas Pendidikan dan ilmu keguruan yang terdiri dari 3 Prodi yaitu :
    1. Prodi PGSD
    2. Prodi PGPAUD
    3. Prodi B.Inggris

Visi

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini akan menjadi pusat studi, penelitian, pengembangan, pendidikan dan pelatihan, berwawasan Pancasila, tangguh dalam Iman dan taqwa, serta memiliki wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung pembangunan Nasional dalam bidang pengembangan anak usia dini pada tahun 2021.

Misi
Program Studi PG Pendidikan Anak Usia Dini memiliki misi sebagai berikut :

1.Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini yang professional.
2.Melaksanakan penelitian dan pengembangan IPTEK terkait dengan pendidikan anak usia dini.
3.Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam rangka aplikasi ilmu dalam upaya mengembangkan pendidikan anak usia dini
4.Menyediakan informasi yang dapat menjadi rujukan bagi pengembangan pendidikan anak usia dini.
5.Menyiapkan tenaga instruktur yang dapat memberikan pelatihan dalam rangka pengembangan program pendidikan anak usia dini.


Tujuan
  1. Menghasilkan tenaga guru yang profesional pada jenjang pra sekolah dan sekolah dasar awal.
  2. Menghasilkan peneliti-peneliti yang dapat mengembangkan IPTEK dan  program pendidikan anak usia dini.
  3. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan berkualitas yang dapat mengaplikasikan ilmu  di masyarakat dalam upaya pengembangan pendidikan anak usia dini.
  4. Menghasilkan tenaga konsultan yang dapat memberikan pelayanan pendidikan anak dalam bentuk informasi dan edukasi.
  5. Menghasilkan tenaga instruktur yang dapat memberikan pelatihan dalam rangka pengembangan program pendidikan anak usia dini.

Sasaran
Masyarakat umum terdiri dari
  1. Anak-anak lulusan SMA dan sederajat yang berminat dibidang ilmu pendidikan Anak Usia Dini
  2. Para praktisi PAUD yang belum menempuh jenjang SI
  3. Para praktisi PAUD yang tidak linier dalam bidang ilmu PAUD

Kurikulum
Mengacu pada KBK yang di sempurnakan  dan kurikulum KKNI 

Fasilitas *
  1. Ruang kelas ber AC
  2. Ruang perpustakaan
  3. Ruang Lab PAUD/ TPA
  4. Ruang Microteaching