Call Us : 021-8096411 Motto : SMART & PRUDENT
PENGABDIAN MASYARAKAT PROGRAM STUDI NERS, FAKULTAS KESEHATAN, UNIVERSITAS MH THAMRIN DAN LEGIUN VETERAN REPUBLIK INDONESIA

NERS NEWS Dalam upaya memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Program Studi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas MH Thamrin mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat kepada anggota Legiun Veteran Republik Indonesia Ranting Pasar Reo, Ciracas, & Cijantung pada tanggal 27 Agustus 2017 di Lapangan Tenis Indoor Kopassus, Cijantung. Kegiatan ini melibatkan 19 mahasiswa/i Program Studi Ners, perwakilan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Program Studi S1 keperawatan serta tim dosen. 
Bentuk kegiatannya adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada anggota veteran diawali dengan senam bagi lanjut usia (lansia) dipimpin oleh Ns. Muasadin, S.Kep., salah satu mahasiswa Program Studi Ners, dilanjutkan dengan pengkajian kesehatan lansia dan pemeriksaan kesehatan yaitu tekanan darah, gula darah sewaktu, asam urat dan kolesterol dilengkapi dengan edukasi kesehatan jasmani dan rohani.

Di tengah kesibukan melakukan edukasi pada para lansia, Ilah Muhafilah, S.Kp., M.Kes. selaku Ketua Program Studi, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program dari Universitas MH Thamrin dan menjadi bagian visi dan misi pogram studi. Bukan hanya berfokus pada lansia tetapi juga berfokus pada kesehatan ibu hamil, balita dan juga anak sekolah. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung program pemerintah yaitu dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, diantaranya Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas MH Thamrin yang secara rutin diadakan pada akhir minggu ketiga atau keempat, dengan harapan angka harapan hidup pada lansia juga meningkat dengan meningkatnya kesadaran diri lansia terhadap kesehatan dirinya.

H. Soenarko. T., salah satu anggota veteran menuturkan bahwa kegiatan senam lansia dan pemeriksaan kesehatan ini baru pertama kali diadakan. Dulu anggota LVRI ranting Pasar Rebo, Ciracas, Cipayung sering melakukan senam militer namun seiring bertambahnya usia anggota LVRI, senam ini tidak mungkin lagi untuk dilaksanakan dan biasanya digantikan dengan jalan santai di seputar Cijantung. Senam lansia dan pemeriksaan kesehatan yang diadakan oleh mahasiswa/i Program Studi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas MH Thamrin sangat bermanfaat bagi anggota veteran. Selama ini, anggota veteran memeriksakan kesehatannya di tempat pelayanan kesehatan yang ditanggung oleh pemerintah. Harapan beliau, semoga kedepannya pemeriksaan kesehatan seperti ini  dapat dilaksanakan 3 bulan sekali dan senam lansia setidaknya 1 bulan sekali. Dan kami juga  mengucapkan terima kasih kepada universita MH Thamrin, para dosen dan adik-adik mahasiswa/i yang telah membantu kami, menutup perbincangan.